Tuesday, June 21, 2016

SWEATER SWEK

Sweater, bahasa inggris, berarti sepotong pakaian, biasanya dengan lengan panjang dan terbuat dari wol, yang dipakai sebagai pakaian bagian atas. Sweater dipakai untuk melindungi tubuh dari udara dingin.
Swek, itu bahasa saya sendiri, singkatan dari suwek (jawa) atau sobek. Yup, sweater yang sobek, berlubang, dan merusak estetika.

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan berkunjung ke daerah subtropis dan kebetulan waktu itu bulan Februari, saat itu sedang musim dingin dengan sedikit salju, suhu beberapa derajat di bawah nol. Karena saya penduduk daerah tropis, dibutuhkan penyesuaian yang ekstra. Sengaja saya bawa sebuah jaket tebal dan sebuah sweater yang belum saya cek kondisinya sejak dari laundry. Rencana saya buat cadangan.


Namun tanpa saya sadari bahwa ada bagian dari sweater tersebut berlobang dan merusak estetika berpakaian. Saat itu, saya terpaksa dihadapkan pilihan antara estetika pakaian dan melawan udara dingin. Kondisi saat itu tidak memungkinkan menghangatkan tubuh hanya dengan jaket yang saya bawa.

Dan di antara pilihan itu, saya pilih mempertahankan suhu tubuh di atas suhu udara sekitar. Saya pakai sweater swek, sebagai layer ke-dua dan jaket di lapisan terluar. 
Hasilnya, ......tara...... tubuh tetap hangat dan estetika terjaga. Dan tidak sia-sia sweater ini mengambil bagian yang cukup besar dalam koper saya.

You See.... sweater swek pun ada gunanya.

Kita pun kadang merasa mengalami hidup seperti sebuah sweater swek, banyak kekurangan, banyak menyusahkan orang lain, tidak bermanfaat dan hanya menjadi beban. Kalau merasa seperti itu, kayaknya perlu belajar lagi menemukan emas dalam diri kita. Tuhan menciptakan kita dengan sempurna. Sempurna bukan berarti seratus persen bersih dan bagus. Tapi dengan adilnya Tuhan mengijinkan kekurangan itu ada dalam kita, karena Dia tahu ada satu purpose yang harus digenapi dalam hidup kita.

Pasti ada saat, Tuhan letakkan rencana indah dalam hidup kita. Tugas kita menemukan fungsi dan manfaat kita bagi orang sekitar kita. Jangan menyerah dan yakinlah, sampean berharga!!

Ingat... sweater berlubang pun ada manfaatnya untuk menghangatkan badan, tapi durian yang berlubang kulitnya, di dalamnya biasanya sudah busuk terdapat ulat. Waspadalah....



No comments:

Post a Comment